in ,

5 Daftar Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia Sepanjang Masa

Bambang Pamungkas
Bambang Pamungkas | jpnn.com

Kurangnya penyerang haus gol di Indonesia saat ini membuat Federasi Sepakbola Indonesia PSSI melakukan langkah naturalisasi pemain asing.

Sehingga membuat komposisi lini depan timnas Indonesia untuk saat ini kebanyakan dihuni oleh pemain naturalisasi. Sebut saja seperti Beto Goncalves, Ilija Spasojevic, Irfan Bachdim, Osas Saha, dan lainnya.

Lini depan timnas Indonesia tidak lagi garang seperti dulu. Penyerang-penyerang haus gol seperti Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono, dan Kurniawan Dwi Yulianto tidak ada lagi pada zaman sekarang ini.

Kalau kita melihat sejarah Timnas Indonesia, dahulu timnas memiliki sederet striker tajam dari masa ke masa tanpa perlu naturalisasi. Namun saat ini kemanakah generasi penerus penyerang hebat asal Indonesia?

Pertanyaan ini bisa menjadi pekerjaan rumah bagi Federasi Sepakbola Indonesia dan juga bagi klub-klub sepakbola Indonesia.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia

Sepanjang sejarah timnas Indonesia berlaga di level Internasional, ada beberapa nama pemain yang menorehkan namanya menjadi pencetak gol terbanyak timnas Indonesia sepanjang masa.

Nah kali ini, Boladaim telah merangkum 5 nama pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia sepanjang masa. Berikut daftarnya.

5. Budi Sudarsono (46 caps/ 16 gol)

Budi S
Budi Sudarsono | kumparan.com

Budi Sudarsono membela timnas Indonesia sejak tahun 2001. Gol perdana yang ia ciptakan terjadi di tahun 2002 ketika berlaga di piala AFF melawan Vietnam.

Sepanjang karirnya membela timnas Indonesia, Pemain yang memiliki julukan Si Ular Python ini sudah mengoleksi sebanyak 16 gol dari 46 pertandingan yang ia lakoni. Caps terakhir yang dia lakoni bersama timnas adalah tahun 2009 dan ia sempat menjadi topskore di Piala AFF 2008.

4. Rochy Putiray (41 caps/ 17 gol)

Rochy
Rochy Putiray | indosport.com

Rochy Putiray terkenal dengan gaya nyentrik dengan rambutnya yang bergonta-ganti warna. Namun ia juga terkenal karena kepiawaiannya menjadi penyerang yang tajam.

Rochy sempat membela klub Hong Kong, Kitchee SC. Dia memborong semua gol dalam kemenangan 2-1 timnya atas raksasa Serie A Italia dan Eropa, AC Milan, pada 2004 silam.

Sepanjang karirnya bersama timnas Indonesia, Ia sukses mencetak 17 gol dari 41 cap yang ia lakoni.

3. Kurniawan Dwi Yulianto (59 caps/ 33 gol)

Kurniawan Dy
Kurniawan Dwi Yulianto | inews.id

Sepanjang karir sebagai pesepakbola, julukan yang Kurniawan dapat dari pecinta sepakbola Indonesia adalah Si Kurus. Julukan ini pertama kali ia dapat pada saat berlaga di Piala Tiger tahun 1996.

Perawakan tubuh yang kurus membuat Kurniawan bermain cukup lincah sebagai seorang striker. Terbukti dengan jumlah gol sepanjang karir di timnas Indonesia sebanyak 33 gol dari 59 pertandingan.

Salah satu pertandingan terbaiknya adalah pada saat Piala AFF 2004 silam, Kurniawan menjadi top skore dengan koleksi 5 gol.

2. Bambang Pamungkas (85 caps/ 37 gol)

Bepe
Bambang Pamungkas | cnnindonesia.com

Siapa yang tidak kenal dengan Bambang Pamungkas, Ia merupakan legenda sejati Timnas Indonesia dengan koleksi caps terbanyak sepanjang karirnya.

Bepe sapaan akrabnya memulai debut bersama timnas Indonesia pada tahun 1999. Gol perdananya tercipta pada saat laga melawan tim eropa Lithuania, yang berakhir imbang 2-2.

Momen terbaik pemain bernomor punggung 20 ini adalah pada saat ia mencetak Quat-trick ke gawang Filipina di Piala AFF 2002 serta gol kemenangan atas Bahrain di Piala Asia 2007.

1. Soetjipto Soentoro (68 caps/ 57 gol)

Soetjipto
Soetjipto Soentoro | bolasport.com

Soetjipto Soentoro adalah top skore tak resmi timnas Indonesia. Dikatakan top skore tak resmi karena tidak semua partainya bersama timnas terdokumentasikan dan tercatat secara resmi.

Karirnya bersama timnas mulai dari tahun 1965-1970. Dalam kurun waktu 5 tahun ia berhasil mencatatkan diri menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi 57 gol dari 68 caps bersama timnas Indonesia.

Itu merupakan torehan yang sangat luar biasa bagi pemain sepakbola di Indonesia. Ia juga pernah diminati oleh klub asal Jerman Werder Bremen. Pemain dengan sapaan Gareng itu tampil brilian ketika timnas kalah tipis 6-5 dari Werder Bremen, dalam duel uji coba di Eropa.

Namun minat dari tim asal Jerman itu ditolak oleh Kolonel Gatot Suwago, yang merupakan manajer Timnas kala itu.


Itulah daftar nama pencetak gol terbanyak timnas Indonesia sepanjang masa. Semoga dalam kurun waktu yang akan datang, timnas Indonesia kembali memiliki penyerang yang tajam dan haus gol seperti dulu.

JANGAN LEWATKAN •
4 Merek Jersey Buatan Indonesia yang Mendunia

Tinggalkan Balasan